Thursday, March 29, 2012

Differensiasi paling mudah: Color

Okay, nama sudah ada, produk sudah punya, logo sudah jadi, toko juga lengkap. So what next?

Elemen branding yang penting yang sering terlewat or 'take for granted' adalah color atau warna. Padahal warna adalah kunci penting untuk membuat konsumen selalu ingat dengan band Anda dan menetap di benak mereka.

Pada dasarnya ada jutaan warna di dunia, Apple iPad terbaru bahkan mampu menampung jutaan warna dalam satu screen 10 inch. Namun pada dasarnya ada tiga warna utama yaitu Red, Green dan Blue.

Mata manusia akan memproses warna merah di depan retina, sedangkan warna biru di belakang retina. Maka jangan heran seolah-olah warna merah menusuk mata, sedangkan warna biru terlihat kalem dan jauh.

Pemilihan warna untuk elemen brand seperti logo, corporate website, packaging, point of interests, dll sangatlah penting. Coca-cola memilih warna merah, sebuah pilihan logis karena warna minuman mereka adalah coklat.  Sebaliknya Pepsi memilih biru untuk membedakannnya dengan Coca cola, namun konsumen pasti merasa warna merah adalah warna yang paling pas untuk produk minuman berkarbonasi ini.

Bank-bank banyak menggunakan warna biru sebagai warna dasar brand mereka karena melambangkan ketenangan dan kestabilan. Tiffany & Co. setia menggunakan warna Robin's - Egg Blue karena differensiasi yang timbul dari konsistensi ini sungguh luar biasa, setiap wanita pasti akan merasa bahagia dan tersanjuing begitu melihat sebuah kotak berwarna Robin's - Egg Blue dengan logo Tiffany & Co. di atasnya, walupun kotaknya belum dibuka, meraka yakin sesuatu yang indah ada di dalam kotak tersebut.

Mazda sukses menggunakan warna hijau sebagai warna untuk semua medium komunikasi Mazda2 di Indonesia, hasilnya ketika orang melihat warna hijau ngejreng di iklan mobil, mereka tahu bahwa itu iklan Mazda2. Tak heran jika Mazda2 cukup membuat heboh pasar mobil dan mendapatkan market share yang bagus.

Jadi pilihlah warna yang tepat untuk brand Anda, ini akan menjadi proses differensiasi yang cepat dan murah untuk brand yang sedang dibangun.



No comments:

Post a Comment